Sabtu, 08 April 2017

Studi Banding Kopma Amanah ke Kopmart Al-Kautsar



Tulungagung (25/3). Sabtu sore Koperasi Market (KOPMART) Al-Kautsar menyambut kedatangan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Amanah Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Tulungagung. Kopma Amanah merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang usaha. Kunjungan ini sebagai study banding usaha perbaikan Kopma Amanah kedepannya.
Anggota Kopma Amanah yang bisa dikatakan pasif, menjadi pemicu utama dilaksanakannya kunjungan ini.
Triesna Vera Kofia selaku Ketua Umum Kopma Amanah mahasiswi semester 4 jurusan Pendidikan Ekonomi menerangkan. “Latar Belakang Kopma Amanah STKIP Tulungagung berkunjung ke Kopmart Al-Kautsar,  saya sebagai ketua angkatan tahun ini melihat kondisi kopma di STKIP masih belum bisa ditata dengan benar. Keinginan saya itu tanya-tanya ke  IAIN bagaimana kepengurusannya, transaksinya bagaimana, agar Kopma Amanah bisa ikut berkembang”
Sharing ilmu dan pengalaman berlangsung di ruang  fotocopy Kopmart Al-Kautsar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Kunjungan Kopma Amanah merupakan kali pertama dilakukan tahun ini. Kunjungan dalam kesempatan kali ini dihadiri sejumlah 10 orang, diantaranya 8 pengurus dan 2 anggota.
Sesi saling berbagi ilmu dimulai pukul 15.00 WIB. Terlambat 1 jam dari seharusnya.”karena kami berjumlah 10 orang, masih ada teman-teman pengurus yang belum datang kami terpaksa harus menunggu kemudian berangkat bersama” ujar Palupi Mahasiswi semester 4 jurusan Pendidikan Ekonomi
Fedra Arga Ludika selaku Ketua Umum Kopmart Al-kautsar menerangkan.” Bahwasannya dalam setiap kepengurusan memegang bidangnya masing-masing. Seperti, Bidang Usaha, Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA), Bidang Litbang, dan Bidang Audit”
“penjadwalan jaga kami mengambil jam kosong anggota dan pengurus untuk mendampingi anggota. Jadi, sebelumnya kami mengadakan pertemuan. Untuk pencatatan transaksi setiap harinya, kami membuat buku yang isinya nama barang, jumlah, dan harga. Setelah menjelang sore hari pukul 4 itu diadakan rekap hasil penjulan hari ini” tambah Arga
Forum berjalan dengan lancar dan terlihat begitu mengalir. Rekan-rekan STKIP maupun IAIN saling bertukar pengalaman. Ketua Kopmart Al-Kautsar berbagi link kerjasama luar kepada Kopma Amanah.
“Harapan atas kunjungan ini dapat menginspirasi Kopma Amanah memulai kembali memperbaiki struktur kepengurusan. Selain dari pada itu, dapat menjalin kerja sama dengan Kopma Se-Tulungagung” ujar Vera menyampaikan harapan










Tidak ada komentar:

Posting Komentar